Nawangsari - Sambut Muharram, Warga Desa Nawangsari Gelar Tradisi Baritan sekaligus Peresmian Gelora Olahraga RT 16

Sambut Muharram, Warga Desa Nawangsari Gelar Tradisi Baritan sekaligus Peresmian Gelora Olahraga RT 16

[19.40, 21/8/2023] +62 822-2543-3799: Pada hari Selasa (18/7) Masyarakat Desa Nawangsari khususnya RT 16 bersama Mahasiswa KKN Posko 95 melaksanakan tradisi baritan sekaligus peresmian gelora olahraga RT 16. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari tahun baru islam yang bertepatan di hari selasa kliwon, dimana baritan biasanya digelar pada hari Selasa Kliwon dalam penanggalan Jawa, yang dianggap sebagai hari baik untuk berdoa.

Gelora Olahraga RT 16 merupakan sebuah lapangan olahraga yang akan dibangun menjadi Pusat Olahraga di RT 16, tadinya lapangan ini adalah tanah milik warga yang kosong kemudian diberikan kepada warga untuk dimanfaatkan sebagai lapangan olahraga.

"Pembangunan gelora olahraga RT 16 ini nantinya akan menjadi pusat olahraga di RT 16 ini, karena rencananya akan ada 3 lapangan yaitu volly, badminton, dan basket" Ujar Pak Ainurrokhim selaku Kepala Desa Nawangsari.

Bertepatan dengan malam satu suro, warga melakukan tradisi baritan yang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan setiap tahun baru hijriah. Tentunya, sebagai umat muslim kita harus senantiasa menyambut pergantian tahun baru dengan penuh suka cita.

"Kegiatan satu tahun sekali untuk menyambut tahun baru islam ini tidak boleh dilewatkan, sebagai umat islam kita harus merayakan tahun baru dengan penuh khitmad" Kata pak Suwarno salah satu warga

Tradisi ini tidak hanya sekedar berdoa dan berkumpul di lapangan, namun warga sudah menyiapkan tumpeng dan ingkug untuk peresmian gelora olahraga RT 16 serta tidak lupa bubur suro yang menjadi makanan khas di bulan suro.

""Mari bersama-sama berdoa agar lapangan yang dibuat RT 16 ini dapat menjadi jembatan bagi warga untuk hidup rukun, damai, dan sejahtera. Semoga lapangan dapat menjadi spot olahraga yang sesuai dengan harapan warga RT 16" tambah Suwarno sebelum mengakhiri acara Baritan.

Warga Desa Nawangsari, khususnya RT 16 sangat antusias mengikuti acara Baritan sekaligus peresmian gelora Olahraga ini, baik dari anak-anak hingga lansia terlihat menikmati acara dari awal hingga akhir.

Penulis : Della Ayu Rukmana (anggota Posko KKN 95)
[19.40, 21/8/2023] +62 822-2543-3799: KKN MIT 16 Posko 95 Berikan Penghargaan Plat Rumah untuk Kepala Desa dan Pengurus RW dan RT di Desa Nawangsari sebagai Wujud Apresiasi

Kendal, 19 Juli 2023 - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT 16 Posko 95 dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang menghadirkan momen istimewa di Desa Nawangsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Sebagai bagian dari program kerja KKN, kelompok ini memberikan penghargaan berupa plat rumah kepada kepala desa, ketua RW, dan ketua RT sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka dalam memajukan Desa Nawangsari.

Kegiatan apresiasi yang berlangsung pada hari Minggu, 9 Juli 2023, menjadi sorotan hangat di tengah warga desa. Para anggota kelompok KKN MIT 16 Posko 95 tampil dengan semangat tinggi, menampilkan pertunjukan kesenian dan kegiatan interaktif yang menghibur seluruh hadirin.

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, para tetua desa, dan anggota pemerintahan setempat. Dalam sambutannya, ketua kelompok KKN, Axel Qurotaayun, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada kepala desa, ketua RW, dan ketua RT.

"Kami merasa beruntung dan terhormat dapat berkontribusi dalam program kerja KKN di Desa Nawangsari. Setiap langkah yang kami lakukan tidak akan terwujud tanpa dukungan dan bimbingan dari Bapak/Ibu semua," ucapnya. Plat rumah yang diberikan kelompok KKN MIT 16 Posko 95 menjadi highlight acara.

Plat tersebut memiliki desain elegan yang disesuaikan dengan nama kepala desa, ketua RW, dan ketua RT, lengkap dengan lambang Desa Nawangsari yang khas. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi simbol penghormatan dan menginspirasi seluruh masyarakat desa untuk terus berkontribusi dalam membangun dan memajukan Desa Nawangsari.

Bapak Ainurrokhim, Kepala Desa Nawangsari, merasa terharu atas penghargaan yang diberikan. "Ini adalah kejutan yang menyenangkan bagi kami. Terima kasih atas kerja keras dan usaha yang telah dilakukan oleh kelompok KKN MIT 16 Posko 95. Semoga Desa Nawangsari semakin maju dan sejahtera di bawah kepemimpinan kami," ujarnya dengan penuh semangat.

Ketua RW, Bpk Wibowo, dan Ketua RT 22 Ibu Sri Dwi,juga merasa sangat berterima kasih atas penghargaan yang mereka terima. Mereka menyatakan komitmen untuk terus bekerja bersama masyarakat dan pihak universitas guna mencapai kemajuan yang lebih baik di desa. Ketua Kelompok KKN MIT 16 Posko 95 menegaskan bahwa memberikan plat rumah sebagai penghargaan adalah bagian dari program kerja KKN mereka untuk mengapresiasi peran kepala desa, ketua RW, dan ketua RT dalam membangun dan memajukan Desa Nawangsari. Semoga langkah positif ini dapat memberikan inspirasi bagi kelompok KKN lainnya dan mendorong semangat gotong royong serta kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat dalam pembangunan daerah.

Penulis : Yunita Amelia (Anggota Posko KKN 95)


Dipost : 24 Agustus 2023 | Dilihat : 321

Share :