Nawangsari - Wujudkan Toleransi, KKN UIN Walisongo Posko 95 Kenalkan Moderasi Beragama pada Siswa SD Nawangsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal

Wujudkan Toleransi, KKN UIN Walisongo Posko 95 Kenalkan Moderasi Beragama pada Siswa SD Nawangsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal

Sabtu (29/7/2023) KKN UIN Walisongo Posko 95 adakan kegiatan seminar Moderasi Beragama dengan tema Penerapan Moderasi Beragama pada Siswa SD Nawangsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal.

Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari ribuan pulau, dengan berbagai macam
Suku, ras, etnis, bahasa, dan Agama yang berbeda-beda. Tentunya dibalik keberagaman
dan kekayaan yang ada di Indonesia adakalanya diwarnai dengan berbagai permasalahan yang
dapat memicu terjadinya perpecahan baik dari segi Suku,budaya Ras dan Agama
menimbulkan berbagai problematika yang dilatar belakangi berbagai hal, seperti intoleransi, pemahaman yang tidak benar mengenai nilai-nilai agama, dan lain sebagainya. Oleh karena itu KKN Posko 95 memperkenalkan Moderasi Beragama yang dimulai dari anak-anak siswa SD Nawangsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal.

"Saya sangat senang sekali jika dari KKN berkenan memberikan ilmu baru bagi siswa saya, apalagi soal toleransi seperti ini" Ujar Bapak Repan selaku Kepala SD Nawangsari "Kegiatan seperti ini bisa memberikan pemahaman bagi siswa untuk bisa menghargai dan belajar bertoleransi" lanjutnya.

Para siswa kelas 5 dan 6 SD Nawangsari sangat antusias dengan kegiatan Seminar Moderasi Beragama yang diadakan oleh para Mahasiswa KKN Posko 95. Tidak jarang dari mereka yang bertanya dan ingin tahu lebih dalam mengenai Moderasi Beragama.


"Anak-anak kegiatan dari Mas mbak KKN ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, contohnya seperti di pelajaran PPKN kalian bisa mempelajari juga disitu" Ujar Bapak Muzaidi salah satu guru di SD Nawangsari, dengan semangat beliau para siswa untuk belajar moderasi beragama.


"Saya mewakili teman-teman KKN berharap agar kegiatan ini mampu membentuk generasi penerus mampu saling bertoleransi dan bersikap moderat agar nantinya tidak ada perpecahan antar umat beragama" Sambung Axel Qurattu Ayun selaku Koordinator Desa Posko 95.

Kegiatan Seminar Moderasi Beragama Posko 95 berfokus pada siswa SD Nawangsari dengan tujuan menciptakan generasi muda penerus bangsa yang paham akan toleransi serta rasa saling menghormati.

Penulis : Della Ayu Rukmana (Anggota Posko KKN95)


Dipost : 14 Agustus 2023 | Dilihat : 270

Share :

s